Latihan Kegel pertama kali dikembangkan oleh Dr. Arnold Kegel pada tahun 1948 untuk inkontinensia urin pada pasien wanita yang baru saja melahirkan. Inkontinensia urin biasa disebut beser adalah ketidakmampuan menahan aliran urin/kencing. Manfaat lain latihan Kegel pada wanita adalah membantu mengencangkan kembali otot-otot vagina.

Pada pria, latihan Kegel dilakukan dengan cara menguatkan dan merenggangkan otot kemih dan otot rektum atau yang biasa disebut sebagai otot dasar panggul. Dengan melakukan latihan Kegel secara teratur, maka otot-otot ini akan menjadi lebih kuat dan memberi manfaat luar biasa bagi kesehatan seksual pria.

Otot-otot dasar panggul adalah kelompok otot yang berada di bagian dasar area panggul, letaknya persis di antara dua pangkal tungkai tubuh dan panjangnya membentang dari tulang kemaluan sampai di ruas-ruas tulang belakang. Cara mudah untuk menemukan otot-otot ini adalah dengan menghentikan aliran urin saat mengosongkan kandung kemih Anda. Otot yang anda gunakan untuk menghentikan aliran urin tersebut adalah otot dasar panggul.

Manfaat utama latihan Kegel pada pria adalah meningkatkan daya tahan seksual dan kekuatan ereksi penis. Pada pria lanjut usia, latihan Kegel juga berguna untuk mengurangi gejala beser atau Inkontinensia urin. Berikut ini dua manfaat utama latihan Kegel pada pria:

1. Mengurangi masalah Inkontinensia urin

Seiring dengan bertambahnya usia, pria akan mengalami Inkontinensia urin akibat melemahnya otot dasar panggul. Menurut Mayoclinic, otot-otot ini mengelilingi kandung kemih dan uretra pria, dan berfungsi untuk membantu menahan kencing. Ketika otot ini melemah, maka aliran urin semakin sulit ditahan dan menjadi beser.

Sama seperti otot lain di tubuh, jika otot ini dilatih maka akan semakin kuat, dengan melakukan latihan kegel secara teratur maka otot-otot disekitar kandung kemih akan semakin kuat. Menurut MedlinePlus, Latihan Kegel terutama dianjurkan pada pria yang pernah menjalani operasi pengangkatan kelenjar prostat. Karena Inkontinensia urin adalah risiko yang berhubungan dengan pembedahan maka latihan Kegel pasca operasi akan memperkuat kembali otot dasar panggul dan mengurangi efek samping operasi.

2. Membuat pria lebih kuat dan tahan lama saat berhubungan intim

Karena otot-otot dasar panggul berhubungan dengan fungsi ereksi dan ejakulasi pria, maka memperkuat otot-otot ini dapat meningkatkan fungsi seksual. Latihan Kegel dapat membantu pria menguatkan kekuatan ereksi penis mereka sehingga menciptakan kepuasan seksual yang lebih besar. Selain itu, latihan Kegel juga berhubungan dengan kualitas ejakulasi, beberapa pria yang rajin berlatih Kegel melaporkan mengalami multi orgasme dan peningkatan sensasi saat orgasme.

Cara Latihan Kegel Untuk Pria

cara latihan kegel untuk pria pada tulisan ini dibedakan atas 2 sesi. Sementara setiap sesi dibagi lagi menjadi beberapa set sekaligus. Untuk melihat secara lengkap tentang latihan kegel untuk pria maka Anda bisa membaca lebih jelasnya dibawah ini.
 1. Cara Latihan Kegel Sesi Pertama

– Latihan A (3 Set)
Buatlah kepalan dan lepaskan berulang kali dalam waktu 10 detik, kemudian lakukan istrahat selama 10 detik untuk setiap set.

– Latihan B (3 Set)
Kencangkan dan tahan otot PC selamat 30 detik, kemudian istrahat selama 30 detik untuk setiap set.

Catatan: Latihan Kegel pada sesi pertama ini dilakukan selama 1 minggu secara berturut-turut.

2. Cara Latihan Kegel Sesi Kedua

– Latihan A (10 set)

Kepalkan dan tahan otot PC selama 5 detik, kemudian lepaskan dan ulang hingga setiap set terlewati.

– Latihan B (3 set)
Kepalkan dan lepaskan otot PC selama 10 kali dan ulangi hingga set selesai.

– Latihan C (3 set)
Kepalkan dan lepaskan otot PC dalam ledakan yang panjang dan pendek untuk hitungan 10. Lakukan hal ini hingga set yang ditentukan berakhir.

– Latihan D (1 set)
Kencangkan otot PC Anda dan tahan selama yang Anda bisa. Targetkan selama 2 menit.

Catatan: Latihan kegel untuk sesi kedua ini dilakukan selama waktu 1 minggu berturut-turut. lakukanlah latihan yang lebih berat jika Anda merasa cukup kuat. Ingat, ini adalah latihan untuk menguatkan, jadi mulai perlahan, lakukan lagi dan lagi, seperti Anda melatih otot lain.