Asal Mula Senam Kegel

Sesuai namanya, senam kegel digagas oleh dr. Arnold Kegel pada tahun 1945. Tujuan awalnya bukanlah untuk membantu menghangatkan kehidupan seksual, melainkan sebagai suatu terapi bagi wanita yang sering merasa tidak bisa menahan air seninya. Gangguan kesehatan ini terjadi karena turunnya rahim akibat kendor atau tipisnya otot dasar panggul, yang disebut Pubococcygeus atau PC. Tanpa disangka, setelah rutin melakukan senam, pasien dr. Kegel ini mengaku kehidupan seksual mereka menjadi lebih baik. Kehidupan seksual pasangan suami istri dapat mempengaruhi keharmonisan rumah tangga. Bila kehidupan seksual Anda mengalami masalah dan tidak segera ditemukan solusinya, bukan tidak mungkin permasalahan akan meruncing dan memicu perselisihan yang bisa mengakibatkan retaknya hubungan pasangan suami istri. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas hubungan seksual suami istri adalah dengan melakukan senam kegel, atau senam seks seperti istilah yang lebih akrab di telinga masyarakat.

Manfaat Senam Kegel?

Wanita maupun pria dapat berlatih untuk memperkuat otot-otot daerah intim.  Keuntungan senam kegel bagi wanita adalah, otot-otot sekitar kelamin dan panggul akan terlatih, sehingga lebih peka dan lebih mudah menerima rangsangan. Bagi wanita yang baru saja melahirkan, senam ini juga dapat membantu organ intim kembali ke bentuk semula secara lebih cepat. Selain itu, bagi wanita yang sulit menahan keluarnya urin, akibat stres misalnya, latihan kegel juga dapat membantu mereka.

Senam Kegel secara rutin bagi pria dapat memperkecil kemungkinan terjadinya ejakulasi dini, karena kemampuan mengontrol kontraksi otot akan meningkat. Selain itu, terapi ini konon dapat membantu pria merasakan klimaks berulang. Dengan otot panggul dan otot sekitar organ intim yang kuat, kehidupan bercinta pasangan suami istri tidak akan membosankan karena secara fisik keduanya memungkinkan untuk melakukan berbagai variasi gerakan dan gaya bercinta.

Cara Melakukan Senam Kegel

Senam ala dr. Kegel ini cukup mudah, dapat dilakukan dalam kondisi apa pun, di mana pun, dan kapan pun. Anda dapat melakukannya dengan posisi berdiri, telentang, atau pun duduk. Jika melakukannya sambil berdiri, usahakan tegap dengan tulang punggung lurus dan jaga agar bahu tidak terkulai. Jika melakukannya dengan posisi berbaring, berbaringlah dengan santai, letakkan lengan di lantai. Pastikan tubuh dan pikiran anda dalam keadaan rileks, sehingga anda bisa melakukannya tanpa beban.

Caranya persis seperti saat kita menahan air seni dan menahan buang angin pada waktu yang bersamaan. Rapatkan lubang area intim, tahan selama 5 detik lalu lepaskan sambil membuang napas. Lakukan berulang-ulang dengan frekuensi lama menahan semakin ditingkatkan hingga 10 detik atau lebih. Semakin rutin dilakukan semakin cepat Anda merasakan manfaat dari senam kegel. Selamat mencoba dan merasakan kegiatan bercinta yang semakin menggairahkan.