Inilah Tips cepat hamil atau cara cepat hamil bagi yang susah mendapatkan keturunan – Wanita yang belum memiliki keturunan, pasti akan melakukan berbagai cara agar cepat hamil . Anda bersama pasangan, tentunya menginginkan kehadiran anak di dalam kehidupan pernikahan Anda. Banyak upaya yang sudah Anda lakukan agar cepat hamil , namun belum menunjukkan hasil. U sia pernikahan telah menginjak dua tahun. Tawa dan tangis bayi yang selalu diharapkan, tak kunjung datang. Saatnya Anda berdua mempertanyakan kesuburan masing-masing. Faktanya, sekira 10-15 persen pasangan usia subur mengalami masalah infertilitas atau ketidaksuburan. Penyebabnya, bisa dari pihak wanita, bisa juga pria, atau bisa pula keduanya. Bahkan, ada penyebab lain yang tidak diketahui. Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization / WHO) memperkirakan, sekira 50-80 juta pasangan usia subur mengalami kesulitan mendapatkan keturunan . Usia dua tahun pernikahan menjadi patokan bagi para pasutri baru-yang juga menjadi ukuran ginekolog-untuk mulai memeriksakan kesuburannya jika tak kunjung memiliki buah hati. Kalau selama baru menikah Anda menunda kehamilan dengan pil KB, ginekolog akan menyarankan Anda untuk bersabar. Sebab, tubuh membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri, terutama jika Anda sudah minum pil KB selama bertahun-tahun. Anda tak bisa segera hamil setelah tak lagi minum pil KB.  Sudah berbagai macam cara untuk cepat hamil yang pernah Anda dengar, baik dari teman, keluarga, maupun saudara. Cara-cara tersebut ada yang berhasil dengan baik, namun banyak juga yang tidak. 

Berikut beberapa cara yang layak untuk Anda pertimbangkan.

  • Merencanakan Waktu Berhubungan Anda

Salah satu cara terpenting untuk cepat hamil adalah dengan merencanakan waktu untuk berhubungan Anda dengan pasangan. Sperma dapat hidup selama maksimal lima hari di dalam rahim, karena itu untuk meningkatkan kesempatan terjadinya kehamilan, lakukan hubungan dua hari sebelum masa ovulasi atau keluarnya sel telur.

Inilah beberapa cara mengetahui masa subur Anda.

 · Siklus haid. Rata-rata siklus haid berlangsung 28-30 hari atau 22-35 hari. Sel telur berovulasi atau keluar dari indung telur pada pertengahan masa haid, atau sekitar hari ke-14 sampai ke-16 dihitung dari hari pertama haid. Jadi, 3 hari sebelum hari ke-14 dan 3 hari setelah hari ke-16 adalah perkiraan masa subur Anda. Inilah saat yang memungkinkan bagi sel telur untuk dibuahi.

 · Getah lendir leher rahim (serviks). Masa subur dapat diketahui dengan mengamati perubahan kekentalan lendir yang keluar dari vagina. Lakukan pengamatan secara rutin setiap hari. Lendir yang keluar pada masa subur bentuknya terlihat seperti daun pakis, bersifat kenyal, tidak terputus jika dipegang dan ditarik memanjang, serta lengket seperti agar-agar.

 · Suhu tubuh. Pada saat sel-sel telur Anda matang, rahim akan bersiap-siap menerima sel telur yang berhasil dibuahi. Di saat ini, suhu tubuh Anda akan meningkat. Untuk mengetahui rentang masa subur Anda, amati pola kenaikan suhu tubuh. Caranya, lakukan pengukuran suhu di pagi hari, setiap hari pada jam yang sama, selama 3 bulan. Ukurlah suhu tepat saat Anda baru bangun tidur, dan belum beraktivitas apa pun. Catatlah data suhu sehingga membentuk kurva. Suhu di atas kurva normal menunjukkan Anda sedang dalam masa subur.

 · Ultrasonografi (USG). Penentuan masa subur dengan cara ini dilakukan secara serial, selama 3-5 hari, berdasarkan siklus haid Anda. Dari pemantauan ini dapat diketahui kapan sel telur mulai terbentuk di dalam indung telur, kapan sel telur menjadi matang, sampai kapan sel telur dikeluarkan. Cara ini cocok bagi Anda dengan siklus haid yang tidak teratur.

  •  · Mengetahui Basal Body Temperature (BBT)

Biasakan untuk mencatat suhu pertama setiap pagi dan mencari tahu perubahannya, banyak perempuan yang memiliki BBT sedikit menukik sekitar satu-dua hari sebelum ovulasi, hal ini menandakan bahwa masa ovulasi sudah dekat dan dapat meningkatkan kemungkinan untuk hamil. Dengan begitu bisa melihat kapan masa ovulasi, jika hari pertama ovulasi belum hamil masih ada kemungkinan akan hamil satu atau dua hari berikutnya.

Cara mengukur dan mencatat suhu basal tubuh, akan terlihat pola yang unik yang menandakan masa subur. 

1.

  1. Suhu diukur pada waktu yang hampir sama setiap pagi, sebelum bangun dari tempat tidur.
  2. Catat suhu dan gunakan catatan suhu di 10 hari pertama dari siklus haid untuk membandingkan suhu tertinggi saat kondisi tubuh normal dan tidak sedang sakit. Abaikan jika suhu tinggi disebabkan oleh demam atau gangguan lain.
  3. Tarik garis pada 0,05-0,1 derajat celcius di atas suhu tertinggi dari suhu 10 hari tersebut. Garis ini disebut garis pelindung (cover line) atau garis suhu.

Baca datanya:

  • Periode tidak subur dimulai pada sore hari, setelah tiga hari berturut-turut suhu tubuh berada di atas garis pelindung.
  • Jika salah satu dari 3 suhu berada di bawah garis pelindung (cover line) selama 3 hari, kemungkinan tanda ovulasi belum terjadi.
  • Suhu saat terjadi ovulasi biasanya lebih rendah dibanding suhu saat menstruasi.
  • Suhu saat menstruasi sebesar 36.00 derajat celcius, terjadi selama 8 hari.
  • Suhu setelah menstruasi berkisar antara 36.1-36.3 derajat celcius.
  • Suhu saat ovulasi, biasanya 35.8 derajat celcius.
  • Suhu setelah ovulasi, biasanya 36.4-36.7 derajat celcius.
  • Jika suhu setelah ovulasi bertahan di angka 36.4-36.7 derajat celcius selama 18 hari, dan melewati tanggal menstruasi, mungkin saja Anda hamil.
  • Tapi bila suhu setelah ovulasi tinggi, lalu esoknya drop ke suhu sebelum ovulasi 36.1-36.3, berarti Anda akan menstruasi dan belum hamil
  • Kontrol Berat Tubuh Anda

Berat badan yang normal atau seimbang memiliki andil besar meningkatkan kesempatan untuk terjadinya kehamilan. Tidak jarang Anda temui sebagian besar pasangan yang memiliki masalah dengan berat badannya , di mana umumnya juga akan bermasalah dengan kehamilannya. Kelebihan berat badan akan membawa pengaruh yang kurang baik bagi tingkat kesuburan Anda. Usahakanlah untuk mencapat berat tubuh yang ideal terlebih dahulu.Sebaliknya, terlalu kurus juga membawa pengaruh negatif yang sama.

  •  Merangsang Istri Dengan Pijatan

Salah satu cara yang bisa dicoba yakni dengan memanfaatkan teknik pijatan yang disebut The Arvigo Techniques of Maya Abdominal Massage (ATMAM). 
Menurut buku Tips Cara Alami Untuk Cepat Hamil , karangan Yovinka Mahanani, teknik pijatan ini memiliki tujuan untuk menyeimbangkan posisi uterus dan organ-organ lain di dalam rongga perut. 

Adapun cara yang bisa Anda lakukan dengan sendiri, berikut ini tip pijat tersebut.

  • Pastikan Anda berkemih sebelum melakukan persiapan pijatan ini 
  • Kenakan pakaian longgar agar Anda leluasa bergerak 
  • Berbaring dan letakkan bantal di bawah lutut. Cobalah untuk rileks, tarik napas dalam selama beberapa menit 
  • Posisikan jari-jari tangan seperti menggenggam, kemudian letakkan kedua tangan di tulang pinggang dalam posisi rileks 
  • Kemudian tekan pelan kedua genggaman tangan, tekan sambil gesekkan tangan Anda ke tulang pinggang menuju pusar. Saat menekan perut, hembuskan napas Anda secara perlahan 
  • Jika Anda merasa tidak nyaman atau gesekkan terasa sedikit sakit, maka Anda tidak perlu menggesek tangan Anda sampai pusar. Kembali tarik napas dalam dan pelan, lalu hembuskan napas saat Anda menekan perut. 
  • Lakukan gerakan ini selama dua menit. Jika terasa nyeri cobalah untuk mengurangi tekanan.

Untuk melihat teknik pijatan The Arvigo Techniques of Maya Abdominal Massage dapat membuka file dibawah ini :

 

Akhirnya penulis sampaikan semua usaha diatas adalah upaya kita sebagai manusia dan jangan lupa berdoa terus-menerus kepada Allah SWT serta jangan berputus asa berusaha.