Ada sebuah survai di Inggris yang mungkin bisa menyemangati para kicaumania untuk konsisten dalam memelihara atau menangkar burung berkicau. Hasil survai yang dipublikasikan Daily Mail kemarin menunjukkan, sekitar 73% responden merasakan suasana hati yang nyaman saat mendengar ocehan burung (juga kokok ayam) di pagi hari, yang membuat mereka terjaga dari tidurnya.

Kenyamanan itulah yang membuat mereka tidak langsung beranjak dari pembaringan, tetapi sengaja menunda bangun untuk menikmati ocehan burung tersebut.

Hal ini berbeda ketika mereka mendengar bunyi alarm yang sengaja disetel untuk membangunkannya. Misalnya alarm dari jam duduk, atau yang paling sering digunakan adalah menyetel alarm dari ponselnya. Begitu mendengar alarm, mereka cenderung langsung bangun.

Meski membutuhkan waktu 14 menit untuk benar-benar bangun dari tidurnya, responden yang mendengar suara burung merasakan bahwa suasana hati yang nyaman akan memberikan dampak positif terhadap sisa hari pada hari tersebut (artinya sejak bangun sampai tidur lagi di malam hari).

Banerjee Dev dari The Clinic Sleep menganalisis hasil survai dengan mengatakan bahwa suara pertama yang didengar seseorang di pagi hari memang memiliki semacam efek pada suasana hati untuk sisa hari itu.

Yang menarik, rupanya dua dari tiga orang Inggris sengaja menunda bangun agar bisa lebih berlama-lama menikmati ocehan burung yang membuat suasana hatinya tenang.

Nggak apa-apa gan yang penting dapat menjalani sisa hari dengan lebih semangat. Semoga bermanfaat.