Para fitness mania tentu sudah mengenal apa itu bodyweight training. Latihan ini merupakan jenis latihan beban yang bisa Anda lakukan tanpa menggunakan alat, dan sebagai bebannya Anda menggunakan bobot tubuh Anda. Crunch, sit up, lunge, squat, push up, pull up, maupun plank merupakan beberapa contoh dari latihan bodyweight yang sudah sangat dikenal.
Nah, bagaimana dengan bodyweight cardio? Apa bedanya dengan latihan bodyweight yang biasa Anda lakukan? Latihan yang dilakukan dalam bodyweight cardio pada dasarnya sama dengan latihan bodyweight, hanya saja dalam metode ini beberapa latihan bodyweight dilakukan dalam suatu sirkuit, menjadikan latihan ini sebagai latihan kardio sekaligus latihan ketahanan yang baik bagi tubuh Anda. 
Kardio, Kekuatan dan Weight Loss
Jika Anda berlatih bodyweight cardio circuit training pada dasarnya akan melatih otot-otot Anda lebih keras. Bagi banyak orang, latihan ini akan memberikan tantangan tersendiri dan hasil yang jauh lebih baik lagi. 
Kardio
Jika Anda ingin membakar lemak tubuh, maka latihan kardio merupakan latihan yang penting untuk dilakukan. Tanpa mesin kardio seperti treadmill pun, Anda tetap bisa berlatih kardio dengan menggunakan latihan bodyweight. Cobalah lakukan squat jump, jumping jack, lompat tali, dan lunge secara berurutan dan Anda akan rasakan bahwa latihan ini benar-benar membuat detak jantung Anda berdetak lebih cepat sehingga sangat baik untuk melatih kesehatan kardiovaskuler atau jantung dan pembuluh darah Anda. 
Kekuatan
Bodyweight training akan melatih kekuatan Anda dengan baik, di bagian otot mana pun yang Anda ingin latih. Latihan seperti pull up, push up, chair dip, crunch, dan plank akan melatih kekuatan dari berbagai bagian otot Anda, bahkan tanpa menggunakan alat. 
Weight Loss
Menurut Women’s Health Magazine, meskipun latihan kardio tradisional yang biasa dilakukan membakar kalori lebih banyak di tiap menitnya, namun latihan kekuatan mampu memacu metabolisme tubuh Anda bahkan selama satu jam setelah Anda berlatih beban untuk membantu proses recovery tubuh Anda. Ini artinya latihan kekuatan seperti bodyweight training yang dilakukan secara teratur dapat membantu Anda membakar kalori 25% l ebi h banyak, membuat Anda lebih mudah menurunkan berat badan. 
Bagaimana Latihan Bodyweight Cardio yang Baik ?
Bodyweight cardio merupakan latihan yang cocok untuk semua orang pada semua tingkat kebugaran, mulai dari fitness mania pemula hingga yang sudah berpengalaman. Latihan bodyweight cardio yang baik harus dimulai dengan 3 – 5 menit pemanasan. Jalan kaki atau jalan cepat di tempat bisa menjadi contoh gerakan pemanasan yang baik. Tujuannya adalah untuk membuat tubuh Anda siap untuk memulai gerakan dengan tekanan yang lebih besar.
Pilihlah 6 – 10 latihan bodyweight dan ulangi sirkuit ini sebanyak 2 – 4 kali. Lakukan masing-masing gerakan selama 30 – 90 detik, tergantung kemampuan dan kondisi tubuh Anda. Setelah selesai latihan, jangan lupa lakukan pendinginan selama kurang lebih 5 menit untuk mengembalikan kondisi tubuh.
Berikut ini contoh penerapan Bodyweight Cardio Circuit Training yang bisa Anda coba di rumah.

Nah, kini Anda telah mengenal dan memahami lebih dalam mengenai metode latihan yang dikenal dengan Bodyweight Cardio Circuit Training ini. Tunggu apa lagi? Ayo berlatih!