Herpes termasuk jenis penyakit tua karena sudah ada sejak lama, ditularkan oleh bangsa Yunani, Romawi dan Louis XV. Herpes termasuk jenis penyakit biasa, disebabkan oleh virus herpes simpleks.

Ada dua jenis penyakit herpes karena virus, yaitu :

  1. 1.       Herpes Zoster (Cacar Ular)

Penyebabnya virus cacar air (Varicela zoster). Orang yang kena penyakit ini biasanya sudah pernah mengalami cacar air. Sewaktu penyakit cacar airnya sembuh, ada virus bandel yang masih hidup dan bersembunyi di simpul saraf dalam tubuh. Jika daya tahan tubuh menurun, misalnya karena terlalu lelah dan stres, maka virus yang bersembunyi tidak keluar menyerang saraf-saraf kulit. Terjadilah penyakit herpes zoster.

Gejala Herpes Zoster

A. Menyerang separuh bagian tubuh
B. Tidak menyebar
C. Bentuknya berupa gelembung-gelembung berisi air yang menggerombol
D. Rasanya nyeri sekali

Pada orang tua berusia lebih dari 50 tahun sebaiknya cepat diobati oleh dokter. Bila tidak, bisa menyebabkan nyeri saraf menetap setelah herpes (neuralgia paska herpes),yaitu kulitnya sudah normal tapi tetap terasa sangat nyeri sampai bertahun-tahun. Herpes zoster ini hampir tidak pernah kambuh

Herpes Simpleks

Herpes simpleks adalah sekelompok virus yang menginfeksi manusia. Herpes simpleks menyebabkan luka-luka yang sangat sakit pada kulit. Virus herpes simpleks tipe 1 (HSV-1) adalah penyebab umum untuk luka-luka demam (cold sore) disekeliling mulut dan juga dapat menyebabkan infeksi pada kelamin.

HSV-2 biasanya menyebabkanm herpes kelamin dapat menginfeksikan daerah mulut melaluihubungan seks.

Penyebab terjadinya penyakit herpes simpleks adalah :

a. Virus Herpes Simpleks I (Daerah Kepala)

Terjadi jika tertular oleh orang yang sedang menderita penyakit tersebut. Umumnya mengenai mata atau bibir dengan gejala seperti :

– Sakit mata biasa
– Mata merah, tapi sakit sekali
– Bentuknya berupa gelembung-gelembung kecil berisi air atau luka-luka kecil
– Rasanya sangat nyeri

b. Virus Herpes Simpleks II (Kelamin)

Disebut juga sebagai herpes genital (kelamin), ditularkan melalui hubungan kelamin dengan orang yang menderita penyakit ini. Gejalanya berupa luka-luka kecil yang sangat nyeri di daerah kelamin. Bisa menyebabkan cacat pada bayi jika di derita oleh ibu hamil.

Herpes simpleks ini sering kambuh, karena virusnya gemar bersembunyi di dalam sel. Sering tidak bisa dimatikan oleh obat bila bersembunyi ke dalam sel. Virus menjadi aktif dan keluar dari tempat persembunyiannya jika daya tahan tubuh menurun.

Penanganan untuk herpes sebaiknya membersihkan lukanya dengan air garam dan menjaganya tetap kering, serta gentian violet dapat dioleskan pada luka. Selain itu, dokter akan memberikan asiklovir dalam bntuk pil dua sampai lima kali sehari. Obat ini tidak menyembuhkan infeksi HSV.
Namun obat ini dapat mengurangi lama dan beratnya infeksi yang terjadi.

Cara mencegah Herpes Simpleks :

1. Hubungan seks yang sehat

2. Setia pada pasangan

3. Belum ada obat penyembuh untuk herpes, sekali terinfeksi maka akan tetap terinfeksi untuk seumur hidup.
4. Para peneliti sekarang mencai vaksin untuk mencegah HSV. Satu calon vaksin menunjukan hasil yang baik terhadap HSV-2 pada perempuan tetapi tidak pada laki-laki.
5. Sampai saat ini belum ada vaksin yang disetujui untuk mencegah infksgi HSV, tetapi penelitian terhadap vaksin untuk HSV berlanjut terus.

Jika sudah menderita penyakit ini, terutama herpes simpleks, cara mencegah agar tidak terjadi kekambuhan adalah :

– Konsumsi makanan bergizi
– Olahraga
– Cukup beristirahat fisik dan mental
– Hindari stres